Laman

Friday, 24 April 2015

Cara Membongkar Senapan Angin

salam,...
Mungkin bagi sebagian orang membongkar sebuah senapan angin merupakan hal yang mudah, karena sudah menjadi kebiasaan ataupun karena pengalaman. Akan tetapi bagi orang awam atau orang yang baru pertama kali memegang senapan, hal ini mungkin cukup membingungkan, apalagi menyangkut pernik-pernik yang berada didalam senapan yang berukuran kecil dan banyak jenisnya. Disini saya coba sharing mengenai cara bongkar senapan akan tetapi tidak semuanya, lebih menitik beratkan pada piranti-piranti yang mungkin membuat sobat sekalian rada bingung, seperti tabung angin dalam, seal, klep, dan pentil. Dan perlu diperhatikan bagi sobat-sobat sekalian untuk berbagai jenis dan type senapan perlakuannya juga berbeda-beda sesuai jenis dan tipe dari senapan itu sendiri. 
Kenapa disini tidak saya bahas semuanya, karena selain bagian-bagian yang tersebut diatas saya yakin sobat sekalian bisa mempelajarinya sendiri melalui pengamatan dan analisa sobat-sobat sekalian. 
Pertama-tama bagi sebagian orang permasalahan yang sering timbul adalah penggantian seal-seal karet dan klep pada senapan yang dikarenakan umur pakai dari senapan itu sendiri. Karena sudah lama digunakan pastinya seal-seal karet dan klep dari piston senapan harus diganti karena sudah mengalami keausan. Biasanya hal ini bisa ditandai dengan senapan yang ngempos (bocor angin), cuma terkadang kita hanya bisa membongkar sebatas bagian luarnya saja seperti melepas popor dan kokang, akan tetapi selanjutnya kita tidak bisa, kalaupun dipaksa terkadang malah bagian yang masih bagus kondisinya, ikut-ikutan menjadi rusak. Untuk menghindari kejadian ini kita harus memperhatikan langkah-langkah awal dalam membongkar senapan, sebagai contoh membongkar atau membuka tabung angin dalam senapan sharp innova. Biasanya hal ini dilakukan untuk mengganti seal-seal karet dalam tabung dan seal lubang buang angin, juga per keong maupun pentil senapan. Langkah pertama adalah melepas popor senapan, dengan cara melepas baut pelindung picu bagian depan, setelah popor kita lepas, selanjutnya adalah melepas plat seng pengganjal batang tabung luar dengan cara kita dorong kebagian atas dengan mengggunakan obeng min (-), setelah itu baut pengunci popor kita lepas diikuti dengan baut pengunci tabung dan box/receiver. Setelah langkah tadi selesai, batang tabung baru bisa kita lepas dengan melolosnya dari dalam box. Pada pangkal tabung terdapat tutup berupa baut pengunci yang mempunyai dua buah lubang dimana terdapat per spiral, tutup tersebut kita buka dengan memutar berlawanan arah jarum jam, setelah terbuka didalam tabung terdapat sebuah tabung dalam tempat penyimpanan angin. Cara melepas tabung dalam dari batang tabung luar adalah dengan memompa senapan beberapa kali sampai tabung tersebut terdorong keluar, setelah tabung menonjol keluar barulah bisa kita tarik manual dengan tangan, akan tetapi dalam menarik kita harus memutar, hal ini untuk menghindari seal karet rusak atau sobek. Setelah tabung terlepas barulah kita bisa mengganti seal-seal karet yang telah aus, ataupun membersihkan tabung angin dari kotoran dan minyak yang telah bercampur dengan debu. Ada sebuah trik untuk membuka tabung angin, dikarenakan tabung angin licin terkena minyak atau pelumas biasanya susah untuk dibuka memutar karena itu dibutuhkan karet ban bekas sebagai dasar / alas untuk kita memutar tabung. caranya karet ban kita ikatkan atau balutkan kencang pada tabung barulah kita putar membuka. Hal ini sepele tapi bagi yang tidak tahu trik ini pastilah kesusahan untuk membuka tabung angin. Setelah tabung terbuka barulah kita bersihkan dan kita ganti piranti yang sudah rusak dan aus, kemudian setelah selesai kita pasang kembali seperti semula. Untuk memasukkan tabung angin kita harus lumasi dulu bagian tabung dan selongsong temasuk karet seal dengan pelumas secukupnya, kemudian kita dorong memutar perlahan sambil kta perhatikan bagian yang mungkin tidak pas dan yang melewati lubang angin karena terkadang karet menyangkut, apabila kita paksa dorong bisa menyebabkan seal karet sobek. Setelah tabung angin dapat masuk dan posisi masing-masing lubang sudah presisi barulah kita kunci tabung tersebut dengan baut penguci popor, hal ini dimaksudkan agar posisi tabung tidak berubah pada saat kita masukkan per keong dan tutup setelan tabung. Langkah selanjutnya adalah memasang kembali box receiver dan popor senapan, tentunya dengan mengikuti langakah pertama kali sobat membongkar. Jangan lupa untuk pemasangan plat seng pengganjal selongsong tabung. 
Untuk lebih jelasnya saya berikan beberapa gambar dari bagian -bagian piranti-piranti tersebut : 

gb. Baut pengunci popor dan tabung



 
Gb. Plat pengganjal 



Gb. Per Keong
Gb. Tabung angin 



Gb. Tutup Selongsong Tabung
+ Tempat per Keong

Untuk Type dan merek senapan yang lain, perlakuannya hampir sama cuma piranti dan bentuknya saja yang berbeda. Demikian sedikit yang bisa saya share semoga bermanfaat, salam,............


artikel lainnya :

No comments:

Post a Comment